Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Modem Terlengkap

Modem terbaru, modem terbaik, internet modem, fungsi modem, jenis modem
Pengertian terlengkap, fungsi, beseta jenis-jenis modem akan saya bagikan kepada anda pada malam hari ini. Ada beraneka merk modem yang ada di pasaran yang tentunya memiliki harga dan kualitas berbeda seperti modem telkomsel flash yang sekarang ini merupakan modem favorit dan terlaris di indonesia. 

Pengertian Modem Terlengkap

Modem merupakan alat yang bertugas untuk menyambungkan komputer atau PC ke internet, artinya kalau tidak ada modem komputer tidak dapat tersambung ke internet. Modem menjadi salah satu perangkat komputer yang mempunyai peranan sangat penting dalam Sejarah Perkembangan Komputer di dunia karena tanpa modem komputer tidak akan dapat tersambung ke internet, namun dengan terus berkembanganya teknologi, belakangan ini fungsi modem mulai tersisih oleh kehadiran jaringan wifi.
Modem pertama kali ditemukan oleh Dennis C. Hayes pada tahun 1977 dan pada saat itu modem dipergunakan untuk Personal Computer (PC) dan terus mengalami perkembangan seperti sekarang ini.

Modem merupakan kepanjangan dari modulator-demodulator. Modulater ialah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan sedangkan pengertian demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (data atau pesan) dari sinyal pembawa yang di terima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. modem sendiri adalah penggabungan dari modulator dan demodulator yang artinya adalah alat komunikasi dua arah.

Fungsi Modem Terlengkap

Modem sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi dunia internet, berikut adalah fungsi modem  :

Fungsi modem 1# Flow control

Modem mempunyai variasi yang berbeda dalam kecepatan pengiriman sinyalnya, dengan demikian akan menjadi masalah ketika mereka saling bertukar data. Dengan adanya flow control ini modem akan saling menyesuaikan kecepatan baik menerima ataupun yang mengirim data sehingga tidak terjadi overload.

Fungsi modem 2# Menggoreksi error

Modem mempunyai fungsi dalam mendeteksi error yang dalam artian apakah informasi yang diterima rusak atau tidak. Modem yang terlibat dalam koreksi error ini membagi informasi ke dalam paket yang disebut frame. Sebelum mengirim informasi ini, modem akan melabelkan masing-masing frame dengan checksum. Checksum merupakan metode memeriksa redundansi dalam menyajikan data pada komputer. Modem yang menerima informasi tersebut akan langsung memeriksa apakah informasi tersebut sesuai dengan checksum yang dikirim oleh masing masing modem. Jika gagal untuk mencocokkan dengan checksum yang dikirim informasi tersebut akan dikirim kembali.

Fungsi modem 3# Mengompresi data

 Untuk mengompresi data akan dilakukan modem bersama dalam satuan bit yang dikirim. Nit tersebut dikelompokan bersama oleh modem dan selannjutnya akan mengompresi mereka.

Jenis Modem Menurut Pemasangan Terlengkap

Berdasarkan Pemasangan modem pada komputer dan letaknya, jenis-jenis modem dapat di bedakan menjadi 2 yaitu Modem internal dan Eksternal.

Jenis modem internal

Modem internal adalah modem yang bentuknya mirip dengan LAN card yang kita pasangkan pada salah satu slot komputer serta memakai power suplply dari PC. Modem internal ini merupakan modem yang letaknya di dalam CPU dan menancap langsung ke motherboard.

Jenis modem eksternal

Modem eksternal adalah modem yang letaknya berada di luar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port atau USB. Pemasangan modem ini yaitu dengan cara menghubungkan modem ke power dan di hubungkan lagi ke adaptor kemudian disambungkan.

Jenis Modem Menurut Koneksi

Jika dilihat berdasarkan jenis koneksinya, modem dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain seperti berikut :

Jenis modem analog

Modem analog adalah modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data setelah itu mengubahnya lagi menjadi data digital untuk dikirimkan pada komputer, atau bisa juga sebaliknya. Modem analog biasanya digunakan untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, dan kemudian disebut modem dial up.

Jenis modem DSL

Modem DSL (digital subscriber line) adalah salah satu jenis modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi (PC) ke Internet.  Modem  DSL dapat menyediakan akses Internet yang cepat, karena dirancang untuk digunakan dengan koneksi DSL berkecepatan tinggi. Koneksi modem DSL dianggap jauh lebih cepat daripada koneksi dial-up internet. Selain kecepatan yang lebih besar, layanan DSL memungkinkan pengguna untuk berbicara di telepon sambil mengakses internet.

Jenis modem kabel

Modem Kabel (cable modem) adalah perangkat keras yang fungsinya menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu eternet.

Jenis modem CDMA

Modem CDMA (Code Division Multiple Acces) adalah sebuah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA. CDMA lebih mengacu pada salah satu dari sekian banyak protokol komunikasi nirkabel generasi kedua (2G) dan generasi ke tiga (3G). CDMA menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900Hz. Contoh : modem smartfren

Jenis modem GSM

modem GSM adalah modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer datanya. Modem GSM ini akan dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi dari provider apapun asalkan menggunakan kartu provider GSM, seperti misalnya kartu telekomunikasi (atau kartu koneksi) dari PT Telkomsel, atau produk-produk XL Axiata, Axis, Indosat dan lain. contoh : modem Telkomsel flash, dan untuk informasi tentang harga modem bisa anda baca pada ulasan yang pernah saya tulis terdahulu yaitu : Modem Gsm Terbaik dan tercepat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Kontak BBM Android Terbaru

Cara Terbaik Menghilangkan Blokir Internet Positif atau Nawala

Kata-kata Mutiara Bijak Islam Tentang Kesabaran Terbaru